Minggu, 29 Maret 2015

Bersepeda Yuk: Tips Sehat dengan Sedikit Lebih Dekat pada Alam

Minggu pagi atau sore hari paling asyik kalau bersepeda santai dengan keluarga, teman, kerabat, ataupun tetangga. Selain menambah keakraban, juga bisa bikin sehat. Bukankah udara pagi yang segar akan merangsang saraf-saraf kita untuk menerima energi positif dari alam? 
Gowes di Pagi Hari, Sebelum Jalan Ramai dengan Kendaraan Bermotor
Apalagi, kalau bersepeda di jalanan yang di sisi kiri dan kanannya masih banyak pepohonannya. Atau, bersepeda sambil menyusur pinggiran sungai atau telaga sambil menikmati suara gemericik air yang mengalir tenang. 
Hmm ... Harmoni alam dengan aroma khas pepohonannya pasti semakin membuat kegiatan bersepeda kita makin penuh makna. Nah, lo, jadi kangen dengan suasana hutan dan suasana desa ya. Suasana yang masih alami dan bebas polusi.
Sooo, bersepeda tetap bisa menjadi pilihan liburan sehat yang menyenangkan. Yaaa, meskipun tidak harus di lokasi yang sesuai dengan harapan kita. Karena kalau di perkotaan, mencari lokasi yang menyajikan nuansa dan harmoni alam yang hijau segar, gemericik air, dan aroma pepohonan dan bunga liar, pastinya susah. 
Tetapi, setidaknya, di wilayah perkotaan pun masih tersedia kawasan ruang terbuka hijau yang siap untuk kita jadikan sebagai tujuan untuk mengayuh sepeda a.k.a gowes. Taman kota, kebun bibit, kompleks-kompleks perumahan, dan beberapa lokasi wisata pantai maupun wisata kota, umumnya menghijaukan area wisata dengan aneka ragam pohon dan bunga. 
Di Salah Satu RTH di Surabaya: Kebun Bibit Wonorejo
Selain itu, sekarang di perkotaan pun kita bisa menikmati jalanan tanpa harus terganggu dengan bisingnya suara mobil, kemacetan, dan polusi udara. Karena ada program car free day untuk beberapa area pusat kota yang biasanya dicanangkan di hari Minggu ataupun hari-hari libur. So, kita bisa nyaman menikmati jalan raya sambil bersepeda bersama keluarga saat liburan. 
Saat masih Lengang, Jalanan Perkotaan pun Bisa Dipakai Gowes
Dan, kita juga bisa mengajak semua anggota keluarga untuk ikut bersepeda, karena dewasa ini banyak toko sepeda yang menyediakan ragam jenis sepeda dengan harga terjangkau. Mulai dari sepeda gunung, sepeda lipat, juga varian sepeda untuk si kecil. 
Pastinya, harga sepeda yang dipatok juga variatif, mulai yang berharga puluhan ribu, ratusan ribu, hingga yang jutaan. Jadi tidak perlu khawatir, masin banyak toko yang jual sepeda dengan harga yang sesuai kantong kok. Yang pasti, jika kita bisa menyediakan sepeda motor dan mobil dua sampai tiga atau bahkan lebih, masa iya, untuk beli sepeda gunung saja tidak bisa.
Toh, manfaat untuk kesehatan dan kebersamaan keluarga bisa kita rasakan. 
Bersepdea: Membangun Kebersamaan, Sehat Fisik, Sehat Kehidupan Sosial Kita
Dan pastinya, manfaat untuk kelestarian lingkungan. 
Bukankah dengan bersepeda, kita akan bisa sedikit lebih dekat dengan alam. Melalui gerak dan derit roda yang menyatu dalam harmoninya, harmoni tubuh dan nafas dalam desah udara dan aroma lingkungan, sehingga akan lahir kepedulian kita pada alam
Melalui kepedulian itu, kita akan berusaha untuk menyelaraskan gerak atau aktivitas kehidupan kita dengan gerak alam. Karena sesungguhnya secara natural, aktivitas kehidupan manusia dan alam berjalan seiring. Coba saja kita lihat, saat pohon ditebangi dan lahan dijadikan sebagai pemukiman penduduk, maka daya resap air berkurang. Sehingga ketika hujan turun, maka akan terjadi tanah longsor dan banjir. 

Demikian pula, ketika manusia membuang sampah dan limbah sembarangan, maka dampaknya terhadap alam adalah tercemarnya air dan tanah. Dimana dampak akhirnya adalah mengganggu kesehatan manusia. Pastinya, bukan hanya mengganggu manusia, tetapi juga makhluk lainnya ... Bukankah air yang tercemar akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengandung zat kimia yang merusak tubuh? 

Well, ternyata bersepeda memiliki manfaat yang luas ya. Manfaat sosial, manfaat sehat, dan juga manfaat untuk lingkungan ... Jadi, tidak salah kan, jika kita mengagendakan program bersepeda untuk keluarga dan komunitas di sekitar kita. 
Nah, bersepeda yuk. Gowes, gowes, gowes ....


Pics: @mom_of_five,  taken at Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar