Kamis, 26 Februari 2015

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Ibu rumah tangga dan para gadis pasti tahu daun bawang kan. Penyuka lumpia juga pastinya juga tahu daun bawang. Penyuka martabak pasti juga tahu daun bawang. Dan ... penyuka bakso pastinya juga tahu daun bawang.
Atau ... kalaupun tidak tahu, setidaknya pernah melihat la ya
Yaaa ... walaupun daun bawang aslinya, mungkin hanya beberapa saja yang tahu ya, karena jika sudah dimasukkan ke dalam masakan, daun bawangnya sudah dipotong-potong ....


Tapi.... ternyata daun bawang bukan hanya berguna untuk menyedapkan dan melezatkan masakan lo, tetapi daun bawang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Nah, apa sih, manfaat daun bawang untuk kesehatan?

1. Daun bawang sebagai sumber zat besi 
Daun bawang mengandung banyak zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hemoglobin, menjaga sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan ikatan jaringan tubuh. 

2. Daun bawang menyediakan banyak serat 
Daun bawang bermanfaat juga untuk kesehatan pencernaan karena kaya akan serat alami yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak daun bawang tubuh akan tercukupi serat sehingga melancarkan percernaan dan mencegah terjadinya sembelit. 

3. Daun bawang mengandung kalium 
Manfaat daun bawang untuk tubuh juga tidak terlepas dari tingginya kadar kalium dalam daun bawang. Kalium bermanfaat untk menjaga kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah kram otot. 

4. Daun bawang menjaga kesehatan jantung 
Manfaat lain dari daun bawang adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Ada zat yang disebut cycloaliin yang berperan aktif dalam menjaga jantung dari bahaya apapun. Cycloaliin berfungsi untuk mengencerkan darah dan mencegah resiko penyakit aterosklerosis pada diri seseorang. 

5. Sedikit kalori 
Mengkonsumsi daun bawang sebagai sayuran juga bagus untuk kesehatan karena daun ini rendah kalori. 

6. Daun bawang banyak megandung antioksidan 
Quercetin dan kemferfol adalah dua jenis antioksidan dalam daun bawang. Ini menandakan bahwa daun ini bagus untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara umum. 

7. Daun bawang anti diabetes 
Kandungan phyto-kimia yaitu allium dan alildisulfida dalam daun bawang adalah sebagai bukti bahwa daun ini antidiabetes. Kandungan zat itu bisa mencegah terjadinya degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa. 

8. Daun bawang baik untuk cacingan 
Daun bawang juga bermanfaat untuk mengobati cacingan, jadi kalau anak anda cacingan anda tidak perlu sungkan untuk memberikan daun bawang sebagai sayuran makannya. 

Nah, banyak juga kan manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh. So, daun bawang yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap sayuran ini ternyata bagus dan mendukung kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Jadi Jangan lupakan daun bawang sebagai bahan dalam makanan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar