Selasa, 10 Maret 2015

Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Sehat

Berat badan ideal adalah impian setiap orang. Langsing, tetapi padat berisi.
Siapa sih yang mau memiliki tubuh tambun dengan perut buncit serta pipi yang super tembe?. Tidak perduli lelaki atau perempuan, semua pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Apalagi, tubuh yang gendut akan dekat dengan stereotype tukang makan, big size, tidak lincah, dan sulit untuk fashionable

Dan, yang paling penting, bentuk tubuh yang gendut dan tambun juga rentan dengan ancaman penyakit. Bukankah obesitas atau kelebihan berat badan memiliki kecenderungan untuk dekat dengan penyakit akibat timbunan lemak jenuh dalam tubuh? Sebut saja penyakit kardiovaskuler, darah tinggi, asam urat, tingkat kolesterol jahat yang tinggi, diabetes, dan sejenisnya. 

Oleh, karena itu, bagi yang merasa sudah mulai ada kecenderungan untuk kelebihan berat badan, penting sekali untuk menjaga agar berat badan tetap ideal. Nah, bagaimana sih tips mengenai cara menurunkan berat badan dengan cepat yang aman dan sehat? 
Berikut adalah beberapa tips menurunkan berat badan yang aman dan sehat: 
  1. Perbanyak minum air putih. Sudah bukan rahasia lagi kalau air putih adalah penetralisir tubuh. Minum air putih segera setelah bangun pagi sangat membantu menetralisir organ internal seperti pencernaan dan ginjal. Minum air putih sebelum makan, 10 menit sebelum mandi, dan sebelum tidur juga sangat membantu kinerja organ-organ tubuh kita. 
  2. Biasakan perasan jeruk nipis hangat dan madu di pagi hari. Air perasan jeruk nipis membantuk menggelontor lemak dalam tubuh. 
  3. Konsumsi makanan sehat yang membantu program diet. Beberapa jenis makanan yang bisa membantu program diet adalah makanan yang mengandung biji-bijian dan serat semacam buah-buahan dan sayur. Beberapa jenis makanan sehat. Buah dan sayur merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Sangat baik untuk pencernaan. Setidaknya ada 5 makanan sehat untuk diet yang paling ampuh yang bisa dijadikan rekomedasi, yaitu  apel, kacang almond, bayam, gandum, dan kedelai.
  4. Olahraga teratur. Olahraga apa pun bisa dilakukan, yang penting dilakukan secara teratur, komitmen dan konsisten. Hal ini dapat dilakukan secara terjadwal. Salah satu olahraga yang disarankan di antaranya adalah pilates, karena ringan dan mudah dilakukan. 
  5. Hindari makanan yang digoreng dan mengandung lemak jenuh. 
  6. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam. 
  7. Selalu berpikir positif. Pikiran positif akan menjadikan kita mudah melakukan program diet kita dengan baik. Kita tidak akan melanggar komitmen dan konsistensi program diet yang telah ditetapkan sesuai dengan enam tips menurunkan berat badan yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satu cara untuk menjaga pikiran kita agar selalu positif adalah dengan memperbanyak ibadah pada Tuhan dan juga dapat dilakukan dengan melakukan relaksasi progresif semacam yoga. Dengan yoga, selain membantu kita melakukan program diet yang aman, juga membantu menjaga kecantikan kulit, tubuh dan wajah. 
Nah, silakan dicoba cara menurunkan berat badan di atas. Semoga berhasil :) 
Selanjutnya, jika berat badan ideal telah tercapai, maka kebiasaan-kebiasaan hidup sehat di atas harus tetap dijaga secara konsisten. Jika tidak, maka berat badan akan kembali naik, dan perlu perjuangan yang lebih keras lagi untuk menurunkan berat badan kita.

Gambar: mitrakosmetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar