Kamis, 30 Agustus 2012

Kategori Stadium Kanker Serviks

Stadium kanker serviks dikategorikan mulai dari stadium ringan sampai berat. Stadium menggambarkan fase atau tahapan perkembangan kanker serviks yang menyerang tubuh. Semakin tinggi stadiumnya maka makin diperlukan penanganan yang lebih intensif. Tingkat stadium kanker serviks bisa diketahui dari hasil deteksi dan diagnosa kanker serviks. Dengan mengetahui stadium dalam kanker serviks maka diharapkan bisa dilakukan jenis penanganan atau pengobatan kanker serviks secara lebih tepat.
Berikut adalah kategori stadium kanker serviks:
Stadium 0 : Kanker masih terbatas pada wilayah epitel serviks, kanker serviks stadium 0 disebut karsinoma pemula
Stadium I : sel kanker hanya sebatas serviks, sudah mulai terlihat ada kelainan.
Stadium II : sel kanker sudah menjalar ke bagian vagina, namun belum mencapai 1/3 nya bagian vagina. jaringan ikat paraservikal telah mengalami gangguan, namun tidak mencapai dinding panggul.
Stadium III : sel kanker telah menjalar menuju bagian bawah lebih vagina lebih dari 1/3 bagiannya, atau sel kanker telah menjalar ke tulang panggul dan tampak penumpukan cairan di kedua belah ginjal.
Stadium IV : sel kanker telah menutupi seluruh bagian organ kewanitaan, atau sudah melebihi area tulang panggul serta telah mengalami penyebaran ke bagian bagian lainnya seperti rectum, kantong kemih, atau bahkan ke bagian lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar