Kamis, 30 Agustus 2012

Cara Mengetahui Kanker Serviks

Setelah mengetahui bahaya kanker serviks, penyebab kanker serviks, dan gejala kanker serviks, maka berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk mengetahui ada tidaknya kanker serviks dalam tubuh. Tim Sehat Alami (www.sehatalami.co.id) menyebutkan cara mendeteksi kanker serviks adalah sebagai berikut:
  1. Pemeriksaan ginekologi secara teratur, deteksi dini apakah ada lesi pada serviks.
  2. Pemeriksaan infeksi leher rahim (cervicitis), apabila ada harus diobati sesegera mungkin.
  3. Apabila merasakan gejala awal kanker serviks, segera memeriksakan diri ke rumah sakit.
Adapun, cara mendiagnosa kanker serviks bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Pap smear serviks : wanita yang sudah menikah dalam pemeriksaan ginekologi atau anti-kanker skriningnya, membutuhkan Pap smear untuk serviks.
  2. Uji yodium : diamati menggunakan kolposkopi leher rahim, permukaan leher rahim dibersikan dulu dari lendir, lalu diteteskan yodium 2% pada leher rahim dan mukosa vagina, apabila tidak berwarna maka ditandai sebagai positif, apabila hasilnya negative, maka dapat diambil samplenya untuk patologi.
  3. Biopsi : apabila hasil biopsy dari serviks menunjukkan negatif, maka pada kolom skuamosa serviks kulit di persimpangan dari 6, 9, 12 dan 3:00 untuk mengambil empat poin biopsi, atau menggores dengan kuretan kecil, mengorek endoserviks untuk diperiksakan patologinya.
  4. Kolposkopi : kolposkopi tidak dapat langsung mendiagnosa kanker, tetapi dapat membantu dalam biopsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar