Kamis, 30 Agustus 2012

Perawatan Pasca Operasi Kanker Serviks

Penderita kanker serviks yang telah dioperasi harus menjalani perawatan pasca operasi, agar hasil operasi bisa berjalan dengan baik. asiancancer.com menyebutkan perawatan pasca operasi kanker serviks sebagai berikut:
  1. Perawatan psikologis : pasien kanker serviks umumnya mudah merasa takut, cemas, mudah tersinggung maupun emosi emosi lainnya. Oleh sebab itu, pihak keluarga harus sepenuh hati memberikan perhatian serta dukungan bagi pasien.
  2. Perawatan kebersihan : setelah operasi, dianjurkan untuk mencuci bagian luar vagina dan sebagian saluran vagina untuk menjauhkan diri dari kuman. Dapat juga mengkonsumsi obat obatan antibiotik untuk mencegah infeksi.
  3. Perawatan olahraga : latihan pernapasan perut serta penarikan pengencangan otot anus, untuk mengencangkan otot saluran kencing untuk membantu kantung kemih dalam pemulihan saraf sarafnya.
  4. Perawatan makanan : perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin tinggi, protein tinggi, serta makanan lembut yang mudah dicerna, untuk menambah daya tahan serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar